Tuesday, November 9, 2010

NEWCASTLE UNITED (1) VS CHELSEA (1)


Bola.net - Chelsea akhirnya harus tergusur dari puncak klasemen setelah mereka ditahan imbang Newcastle 1-1 di St.James Park.

Tampil di kandang sendiri membuat Newcastle tak gentar menghadapi tamu mereka yang berstatus juara bertahan ini. Baru satu menit berjalan The Magpies sudah mendapatkan peluang emas melalui Shola Ameobi, saat mendapatkan umpan sundulan dari Steven Taylor. Sayang tendangannya masih bisa diselamatkan oleh Petr Cech.

Menit pertama sudah mendapatkan peluang membuat Newcastle semakin percaya diri, mereka terus menekan Chelsea. Berkali-kali di tekan membuat lini pertahanan The Blues seperti kerepotan dan akhirnya mereka malah kebobolan di menit ke 6 karena blunder yang dilakukan Alex. Andy Carrol menyambar bola yang terlalu lemah dari umpan back pass Alex kepada Cech. Tuan rumah pun unggul 1-0.

Tim tamu mulai mencoba bangkit usai gol tersebut, namun semangat yang dimiliki tuan rumah membuat mereka tidak bisa keluar dari tekanan. Pelan tapi pasti, Chelsea mulai bangkit dan mulai menemukan permainan mereka.

The Blues sempat memperoleh peluang melalui percobaan Didier Drogba di menit ke 18, sayang tendangan keras dari sisi kiri kotak penalti tersebut masih bisa diantisipasi kiper Newcastle. Peluang tim tamu lainnya didapat di menit 25 melalui tandukan Alex menyambut umpan tendangan sudut yang masih bisa diselamaatkan oleh Jose Enrique.

Tuan rumah masih menguasai jalannya pertandingan di babak pertama ini. Mereka hampir saja menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0, jika saja Ameobi mampu lebih cepat dari Cech saat menyongsong bola umpan dari Carrol.

Namun, bukan keunggulan 2-0 yang didapatkan Newcastle, melainkan gol penyeimbang 1-1 dari Chelsea yang mereka dapatkan di penghujung babak pertama ini. Salomon Kalou yang bergerak dari tengah mengirimkan umpan pendek kepada John Mikel Obi yang langsung dengan sekali sentuhan menyodorkan bola kepada Florent Malouda. Pemain Prancis itu juga tanpa kontrol langsung menyodorkan bola through pass kepada Kalou, dengan sedikit gocekan ia pun menghujamkan bola ke gawang tuan rumah, dan menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Tuan rumah tetap menekan The Blues di awal-awal babak ke dua ini. Serangan mereka tetap tiada henti-hentinya membombardir lini pertahanan Chelsea.

The Magpies sempat mendapatkan peluang emas di menit ke 61 saat Cech keluar dari sarangnya, Wayne Routledge yang mendapatkan bola rebound langsung mendendang bola ke gawang tamunya, akan tetapi Ashley Cole masih bisa menyelamatkan timnya dari kekalahan dengan tandukannya.

Usai peluang tersebut giliran Chelsea yang mendominasi jalannya laga dan mengurung pertahanan Newcastle. Mereka sempat mendapatkan peluang di menit 69 melalui tandukan Branislav Ivanovic memanfaatkan corner kick, yang masih bisa diselamatkan Tim Krul.

Didier Drogba akhirnya berhasil mencetak gol di menit ke 76, akan tetapi wasit menganulir gol tersebut karena striker Pantai Gading itu kedapatan hands ball sebelum menjaringkan bola dengan tendangan memutarnya.

Kalou bisa saja mencetak gol ke duanya, akan tetapi karena kekurang-tenangannya membuat ia gagal mencetak gol di menit ke 79. Padahal ia sudah mampu melewati dua pemain belakang The Magpies dan Krull, bola sepakan Kalou malah melebar di kanan gawang yang tak terjaga.

Hingga pertandingan berakhir kedudukan sama kuat 1-1 tetap bertahan dan membuat tim asuhan Carlo Ancelotti tidak mampu merebut kembali puncak klasemen dari Manchester United yang dalam laga semalam menang telak 7-1 dari Blackburn Rovers. (bola/fjr)

PHOTO GALLERI NEWCASTLE VS CHELSEA